Deskripsi Mata Kuliah

DESKRIPSI MATA KULIAH

PENDIDIKAN AGAMA

Memberikan pendidikan mengenai sikap, tindakan dan pengabdian ilmu dan pengetahuan yang diperoleh kepada masyarakat sesuai dengan kaidah-kaidah agama. Materi pendidikan dijabarkan dalam menurut masing-masing agama.

PENGANTAR EKONOMI

Mata kuliah ini membahas ruang lingkup teori ekonomi mikro, analisis dasar permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, teori biaya, produksi dan penetapan output dan keseimbangan pasar. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas ruang lingkup teori ekonomi  makro, masalah-masalah pokok ekonomi setiap negara, perhitungan pendapatan nasional, kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.

 

PENGANTAR BISNIS

Mata kuliah ini dirancang untuk memperkenalkan pendekatan menyeluruh (holistic) dalam memahami bisnis. Terutama bagi mahasiswa baru pendekatan menyeluruh ini diperlukan, sebelum mendalami aspek-aspek operasional yang spesialis dari suatu usaha bisnis. Karena itu titik pandang pendekatan kuliah ini adalah memahami bisnis sebagai suatu kesatuan usaha (system).

 

PENGANTAR MANAJEMEN

Mata kuliah ini membahas (secara realistis) gambaran kerja seorang manajer sebagai tulang punggung perusahaan dan masyarakat dalam era industrialisasi dan globalisasi yang meliputi ketrampilan manajemen, standar kinerja organisasi, konsep dan proses manajerial, dengan pemahaman ini para mahasiswa diharapkan akan menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan suatu organisasi dan proses manajemen dalam organisasi.

 

PENGANTAR AKUNTANSI

Mata kuliah ini membahas proses penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa, dagang dan manufaktur baik pada perusahaan perseorangan, persekutuan/ firma, maupun perseroan terbatas beserta pengertian dasar yang melandasinya: pengertian dan dasar pencatatan transaksi yang berkaitan dengan elemen-elemen dalam laporan keuangan (aktiva, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan biaya) dan konsep-konsep dasar akuntasi manajemen.

 

MATEMATIKA EKONOMI I

Mata kuliah ini membahas tetang himpunan, relasi dan fungsi, limit dan turunan, aplikasi turunan, fungsi dengan banyak variable, optimisasi suatu fungsi tanpa kendala dan dengan kendala, integral dan aplikasi integral, konsep dasar matriks, penerapan matriks dalam penyelesaian persamaan simultan dan aplikasi matriks dalam analisis input output.

BAHASA INGGRIS I

Maltih menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah ekonomi dan bisnis dalam bahasa inggris.latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah ekonomi dan bisnis.

 

KEWIRAUSAHAAN

Mata kuliah ini membahas dunia kewirausahaan maupun teori tentang kewirausahaan. Mata kuliah ini mengajak mahasiswa berperan sebagai wirausahawan di berbagai sektor riil usaha. Mulai dari persiapan sebelum kegiatan usaha dimulai, saat mulai usaha, selama usaha dijalankan, dan menjaga bisnis tetap pada bisnis intinya.

 

HUKUM BISNIS

Dalam mengambil tindakan untuk melaksanakan pembangunan/ kebijakan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat yang stabil, baik di dalam negeri maupun antara negara memerlukan pengaturan yang didasarkan pada ketentuan hukum. Pembahasan ditekankan pada pengantar hukum perdata, hukum dagang, hukum perseroan terbatas, hukum perserikatan, penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing, hukum perburuhan dan hak milik intelektual.

 

PENDIDIKAN PANCASILA

Membahas mengenai materi ciri budaya bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan dihubungkan dengan jiwa pancasila dan proklamasi, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai-nilai dan warna yang terkandung dalam penghayatan dan pengamalan pancasila, masalah pelaksanaan pasal 33 UUD 1945 dalam bidang ekonomi.

 

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Memberikan pendidikan mengenai masalah mendasar dalam ilmu bela Negara khususnya Negara Republik Indonesia dan memberikan pendidikan mengenai budaya, nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa. Materi pendidikan meliputi: pengertian tentang wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik strategi hankamnas dan sistem Hankamrata sebagai pengetahuan untuk menumbuhkan kesadaran membela negara.

 

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

Sejarah Pemikiran Ekonomi merupakan mata kuliah lanjutan untuk mengantarkan mahasiswa di tingkat pemahaman tentang teori ekonomi lebih lanjut. Mata Kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi merupakan mata kuliah yang mempunyai cakupan luas antara lain, pengenalan terhadap konsep dasar ilmu ekonomi, target dan instrument ekonomi makro,perkembangan pemikiran aliran ekonomi dari masa pra klasik sampai dengan perkembangan Rational Expektasi.

 

STATISTIK I

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar metode statistik, yaitu Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial, yang meliputi metode pengumpulan, pengusunan, penyajian, analisis, dan interpreasi data. Pembahasan Statistika Deskriptif meliputi penyusunan data dalam bentuk distribusi frekuensi dan stem and leaf displays, penyajian data dalam bentuk grafik, analisis data mencakup pengukuran nilai sentral, dispersi, kemencengan (skewness) dan keruncingan (peakedness). Sementara itu, Statistika Inferensial membahas tentang estimasi dan uji hipotesis. Sebagai dasar untuk memahami Statistik Inferensial, maka dibahas konsep probabilitas dan distribusi probabilitas.
 

MATEMATIKA EKONOMI II

Mata kuliah ini membahas tetang linear programming, fungsi dengan banyak variable, optimisasi suatu fungsi tanpa kendala dan dengan kendala, bunga dan anuitas dan bagian akhir membahas matematika dinamik yang meliputi persamaan diferens dan diferensial, sistem simultan dari persamaan diferens dan diferensial dan teori kontrol optimal. 
 

EKONOMI MAKRO I

Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari mata kuliah Pengantar  Ekonomi. Topik-topik yang akan didiskusikan dalam mata kuliah ini, meliputi: data makroekonomi, pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran, perekonomian terbuka, permintaan dan penawaran agregatif, kebijakan makroekonomi, aplikasi mikroekonomi ke dalam makroekonomi.

EKONOMI MIKRO I

Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari materi pembelajaran pada mata kuliah Pengantar Ekonomi. Oleh karena itu, secara umum topik-topik yang akan didiskusikan pada mata kuliah ini mencakup: perilaku rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen sebagai unit ekonomi dalam pengambilan keputusan, model-model penentuan harga, keseimbangan umum dan ekonomi kesejahteraan

EKONOMI KOPERASI DAN UKM

Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa tentang perkoperasian dan usaha kecil menengah. Pembahasan dalam mata kuliah ini adalah bersifat mikro ekonomi dan makro ekonomi .Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk mengerti,memahami, menganlisis dan mengembangkan koperasi dan usaha kecil menengah.

BAHASA INGGRIS BISNIS

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Bahasa Inggris. Tujuan dari mata kuliah ini yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi baik secara tertulid maupun berbicara dalam bahasa Inggris. Adapun materi yang dipelajari yaitu kemampuan dalam berbahasa Inggris (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis) sebagai praktek gramer dalam konteks bisnis. Mengajarkan teknik umum berbahasa Inggris dalam memenangkan bisnis, berpresentasi, membaca dan mendengarkan kemampuan mahasiswa untuk teknik menulis iklan, mengirim surat lamaran dan daftar riwayat hidup.

 

BAHASA INDONESIA

Melatih menulis karya ilmiah dan mendiskusikannya dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Latihan meliputi menyusun kalimat yang mengandung gagasan utama, dan pelengkap, kesatuan, koherensi, penekanan, variasi, kesejajaran dan penalaran dalam kalimat yang efektif, diksi yang mencakup: diksi, kata dan makna, struktur leksikal kata, teknik perluasan kata, pengaktifan, kosa kata, pemakaian kamus, ketepatan dan kesesuaian pilihan kata.

 

STATISTIK II

Mata kuliah ini membahas tentang metode statistik lanjutan dengan pokok bahasan meliputi 3 bagian, yaitu statistika non-parametrik; angka indeks, data time-series dan peramalan; serta multivariate data analysis meliputi multiple regression, factor analysis, discriminant analysis, mulivariate analysis of variance, conjoint analysis, cluster analysis, multidimensional saclling, dan structural equation modelling.

 

EKONOMI MAKRO II

Pengetahuan yang dipelajari dalam mata kuliah ekonomi makro II ini merupakan lanjutan dari materi yang disajikan dalam mata kuliah ekonomi makro I, dengan rincian pokok bahasan sebagai berikut: permintaan agregat perekonomian tertutup, absorpsi domestic, permintaan agregat perekonomian terbuka, penawaran agregat perekonomian tertutup, penawaran agregat perekonomian terbuka, penawaran agregat pandangan-pandangan lain, keseimbangan ekonomi makro, keseimbangan perekonomian terbuka dan model pertumbuhan ekonomi satu sektor.

EKONOMI MIKRO II

Ekonomi mikro II merupakan lanjutan dari ekonomi mikro I yang memasukan unsur antar waktu dan dampak keputusan individu terhadap individu lain secara keseluruhan.

EKONOMI MONETER I

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar ekonomi moneter, diantaranya tentang arti dan fungsi uang dalam perekonomian, berbagai faktor yang menentukan permintaan akan uang, proses penciptaan uang oleh lembaga keuangan. Juga dicakup berbagai teori moneter tentang permintaan atas harta dan perilaku tingkat bunga. Perkembangan berbagai kebijakan pemerintah di Indonesia yang menyangkut sektor moneter, perbankan dan lembaga keuangan lainnya akan selalu disinggung dalam pembahasan teori-teori.

EKONOMI PUBLIK I

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pengertian dan ruang lingkup ekonomi publik yaitu peranan pemerintah dalam perekonomian.

 

EKONOMI PEMBANGUNAN I

Mata kuliah ini membahas berbagai masalah yang sering muncul di kebanyakan negara sedang berkembang, yang meliputi antara lain: distribusi pendapatan dan kemiskinan, pendidikan, kualitas SDM, pengangguran, globalisasi dan perdagangan intrnasional, persoalan lingkungan hidup serta berbagai pemikiran teori pembangunan.

 

EKONOMI PERTANIAN

Mata kuliah ini membahas tentang penerapan konsep-konsep teori ekonomi di bidang pertanian, meliputi teori perilaku konsumen dan penerapannya pada pengambilan keputusan rumah tangga pertanian, teori produksi dan permintaan input pertanian, ekuilibrium pasar dan pertukaran, analisis pasar pertanian, perdagangan internasional, ilmu ekonomi kesejahteraan, kebijakan pertanian dan pangan, pemasaran pertanian, dan sumberdaya alam pertanian.
 

EKONOMETRIKA I

Pada prinsipnya matakuliah ini membahas tentang peralatan analisis dalam bentuk kuantitatif yang berbasis pada ekonomika, matematika, dan statistika. Topik yang dibahas dalam kuliah ini yaitu menitik-beratkan pada analisis regresi yang menangkap hubungan kausalitas (fungsional). Lebih rinci materi kuliah ini yaitu mencakup regresi sederhana dan metode estimasi; regresi majemuk dan matriks, termasuk beberapa jenis model ekonometrik. Selanjutnya juga dikaji tentang persoalan pelanggaran terhadap asumsi klasik yang meliputi: multikolineritas, hetero-skeditas, otokorelasi, dan kesalahan spesifikasi. Bahasan kuliah ekonomerika 1 ini ditutup dengan materi/ topik khusus (bagian pertama) yaitu model dengan variabel boneka (dummy variable) pada variebel independen dan dependen.

 

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN

Mata kuliah ini membahas industri jasa keuangan perbankan dan regulasinya, mengukur adanya risiko yang timbul dan dalam manajemen risikonya maupun bagian akhirnya menjelaskan lembaga keuangan di Indonesia dan regulasinya
 

EKONOMI INTERNASIONAL I 

Ekonomi internasional dapat dibagi menjadi dua bagian pembahasan yaitu, perdagangan internasional (international trade) dan ekonomi moneter internasional (international monetary economics). Matakuliah ini merupakan matakuliah pengantar yang dapat ditempuh mahasiswa yang memilih konsentrasi ekonomi internasional dalam studinya. Pada matakuliah ini dibahas mengenai topik-topik di dalam perdagangan internasional dan ekonomi moneter internasional sebagai suatu pengantar.

Berbagai topik yang dibahas berkaitan dengan perdagangan internasional meliputi teori dan kebijakan perdagangan internasional baik dari perspektif negara maju maupun berkembang. Sementara topik-topik yang dibahas berkaitan dengan ekonomi keuangan dan moneter internasional diantaranya adalah struktur neraca pembayaran, nilai tukar dan penentuannya. Sistem moneter internasional dari dulu sampai sekarang, termasuk memasukkan isu-isu dan fenomena mengenai berbagai tren yang terjadi pada dinamika keuangan internasional baik di negara maju maupun di negara sedang berkembang.

Pada beberapa sesi kuliah, mahasiswa diberikan artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik kuliah. Mahasiswa juga diwajibkan untuk menyusun essay melalui studi literatur mengenai topik tertentu dan mendiskusikannya dalam kelas. Melalui metode ini diharapkan tingkat pemahaman mahasiswa pada materi kuliah akan lebih baik dibandingkan dengan metode mengajar klasik satu arah

EKONOMI PEMBANGUNAN II

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Ekonomi Pembangunan I. Problema klasik di negara-negara sedang berkembang masih merupakan tema sentral dan mendominasi pada setiap pokok bahasan. Fenomena pertumbuhan ekonomi dan persoalan dalam negeri seperti sumberdaya manusia, faktor kelembagaan, peranan pemerintah maupun luar negeri dalam konteks globalisasi cukup mendapatkan perhatian dalam mata kuliah ini.

 

KEBANKSENTRALAN

Matakuliah ini membahas kerangka konsep dan operasi dari Bank sentral, terutama Bank Indonesia (BI). Pada mata kuliah ini akan diajarkan fungsí-fungsi dari bank sentral terutama BI dan sejarahnya, tugas pokok dari Bank Indonesia, kebijakan perbankan, pengawasan dan konsep kesehatan perbankan Indonesia. Selain itu akan diberikan juga materi-materi lainnya berupa sistem pembayaran di Indonesia, kebijakan moneter dari Bank Indonesia, serta kumpulan kapita selecta, mengenai kebaksentralan.
 

EKONOMI SYARIAH

Ekonomi Syariah adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya berdasarkan kaidah/konsep syariah. Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar ekonomi Islam dalam Al-Quran dan As-Sunnah beserta dengan penafsiran dan pengembangannya. Mata kuliah ini bertujuan memberikan argumentasi teoritis ekonomi syariah sebagai dasar pijakan bagi ilmu terapan yang diperlukan dalam menjalankan profesi sebagai analisis ekonomi syariah. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang jernih tentang konsep ekonomi syariah melalui pendekatan ilmiah.

 

PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

Mata kuliah ini mempelajari dan menganalisis tentang bagaimana menyusun suatu perencanaan pembangunan dengan memasukkan aspek sektoral dan regional. Pembahasan meliputi jenis, proses, evaluasi, monitoring, koordinasi, dan model perencanaan.
 

AGRIBISNIS

Agribisnis adalah suatu cara pandang, wawasan, system, paradigm berfikir di bidang pertanian dalam arti luas, meliputi berbagai subsistem, yaitu subsistem praproduksi, usaha tani, agroindustri, pemasaran, dan subsistem pendukung. Pembangunan agribisnis merupakan prasyarat utama untuk membawa sektor pertanian ke level persaingan global yang dicirikan oleh dua hal yaitu peningkatan produktivitas dan efisiensi. Kondisi ini pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kontribusi sektor pertanian pada perekonomian nasional dan peningkatan daya saing.

 

EKONOMETRIKA II

Matakuliah ini membahas tentang peralatan analisis dalam bentuk kuantitatif yang berbasis pada ekonomika, matematika, dan statistika. Topik yang dibahas dalam kuliah ini yaitu menitik-beratkan pada analisis regresi yang menangkap hubungan kausalitas (fungsional). Lebih rinci materi kuliah ini sebagai lanjutan dari ekonometrika 1 yaitu mencakup materi/ topik khusus (bagian kedua) terdiri dari modeL reresi non-linier, model dengan data panel, regresi dengan restriksi, regresi dinamis. Kemudian dilanjutkan dengan materi persamaan simultan dan materi kuliah ditutup dengan pokok bahasan tentang model runtut-waktu yang meliputi model dasar runtut waktu (AR-1, MA, ARIMA), model runtut waktu jenis bivariat dan multivariat (VAR), dan model runtut waktu jenis ECM dan VECM.
 

APLIKASI KOMPUTER

Mata kuliah ini mengimplementasikan teori- teori ekonomi untuk menganalisis kasus- kasus atau fenomena ekonomi dan keuangan dengan menggunakan alat analisis teknologi komputer dan informatika.

EVALUASI PROYEK

Mata kuliah ini membahas tentang konsep proyek, identifikasi dan penilaian benefit – cost suatu proyek, analisis proyek, kriteria investasi untuk menentukan alternatif proyek dengan menggunakan metode tidak berdiskonto (undiscounted) dan berdiskonto (discounted) baik untuk traded goods maupun non traded goods, analisis sensitivitas, serta penerapan evaluasi proyek untuk sektor pertanian dan pengangkutan.
 

EKONOMI POLITIK DAN KELEMBAGAAN

Mata kuliah Ekonomi Politik dan Kelembagaan merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang latar belakang Lahirnya Ilmu ekonomi politik dan kelembagaan, lembaga ekonomi dan sistem ekonomi politik, serta menjelaskan latar belakang lahirnya berbagai sistem politik  dan sistem ekonomi yang ada diberbagai negara. Menjelaskan berbagai teori dan konsep tentang keterkaitan antara ekonomi dan politik dari berbagai pendekatan, model, dan aliran ekonomi politik yang ada.

 

EKONOMI PERKOTAAN DAN PERDESAAN

Mata kuliah ini membahas tentang permasalahan ekonomi di perkotaan dan perdesaan. Sisi positive wilayah perkotaan adalah tempat ini adalah pusat  produksi dan perdagangan oleh karena itu masyarakat perkotaan dapat menemukan segala barang dan pelayanan. Akan tetapi, daerah perkotaan mempunya banyak masalah seperti kemiskinan, masalah lingkungan, dan tingkat kriminalitas yang tinggi. Mata kuliah ini mendiskusikan masalah yang terjadi diwilayah perkotaan dan solusi pemecahan yang memungkinkan. Mata kuliah ini mencakup topic Usaha Kecil, Medium dan Mikro yang biasanya berlokasi di daerah pedesaan. Produk-produk pertanian biasanya termasuk kedalam produk riskan dan mempunya permintaan inelastic. Oleh karena itu, untuk memperoleh hasil yang maksimal, dibutuhkan langkah strategis dan unik. Kedepan, diharapkan langkah strategis yang diambil tersebut dapat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.  
 

EKONOMI SUMBERDAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

Mata kuliah Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya pelestarian sumberdaya alam/pengelolaan sumberdaya alam secara berkelanjutan. Mata kuliah ini penekanan akan diberikan pada pemahaman permasalahan ekonomi sumberdaya alam secara umum dan pemahaman konsep-konsep dasar dalam ilmu ekonomi sumberdaya alam memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam perhitungan harga sumberdaya alam dan lingkungan, perhitungan manfaat dan biaya suatu kasus lingkungan serta penilaian dampak terhadap lingkungan (evaluasi ekonomi)
 

EKONOMI SUMBER DAYA MANUSIA

Mata kuliah ini membahas tentang konsep ESDM, keterkaitan antara ESDM dengan Ekonomi Pembangunan, Konsep pengangguran, Penawaran Tenaga Kerja, Permintaan Tenaga Kerja, Keseimbangan Pasar Tenaga Kerja, TPAK, Teori dan Sistem Pengupahan, Kontrak Pasar Tenaga Kerja dan Insentif Pekerja, Migrasi, investasi sumber daya manusia, perencanaan tenaga kerja, dan hubungan industrial.

EKONOMI REGIONAL

Mata kuliah ini membahas tentang permasalahan ekonomi dengan pendekatan region/spasial. Pembahasan meliputi konsep region/space, regionalisasi, proses aglomerasi, base multiplier analysis, input-output model, SAM model, regional policy, otonomi daerah, dan globalisasi.

EKONOMI INDUSTRI

Mata kuliah ini membahas pengertian ekonomi industri, teori dasar ekonomi industri structure-conduct-performance, struktur pasar, struktur perusahaan, integrasi vertikal, dan kebijakan pemerintah di bidang perindustrian.

PEREKONOMIAN INDONESIA

Mata kuliah ini mendeskripsikan perkembangan perekonomian Indonesia sejak kemerdekaan sampai dengan saat ini serta kebijakan pemerintah dalam pembangunan ekonomi.

METODOLOGI PENELITIAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang penting bagi mahasiswa untuk dapat membuat pra-proposal, proposal penelitian dan laporan ilmiah ataupun skripsi dengan baik dan benar, oleh karena itu, materi mata kuliah ini mencakup Penelitian dan metodologi, penelitian dengan data kuantitatif, penelitian dengan data kualitatif serta untuk membuat laporan ilmiah dengan baik dan benar akan diajarkan juga bagaimana teknik penulisan ilmiah.
 

PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan atau di instansi Pemerintah. Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) juga sebagai kegiatan mahasiswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya,

KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Secara umum mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa secara interdisipliner langsung kepada masyarakat sekaligus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dalam pembangunan. Selain itu, dimaksudkan juga untuk mendewasakan kepribadian dan menambah wawasan mahasiswa. Dalam KKU lebih difokuskan pada proses operasional, fungsi-fungsi manajemen dan penerapannya secara profesional dalam dunia usaha.

SKRIPSI

Skripsi adalah laporan penelitian tertulis yang disusun mahasiswa dengan sistematika dan bentuk yang telah ditetapkan, berdasarkan hasil penelitian sesuai usulan penelitian yang disetujui dosen pembimbing. Skripsi merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan program sarjana atau jenjang pendidikan strata satu (S1). Skripsi sekurang-kurangnya merupakan pencandraan (deskripsi) secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat yang diteliti, yaitu objek penelitian.

KONSENTRASI MONETER

EKONOMI MONETER II

Mata kuliah ekonomi moneter II merupakan lanjutan dari mata kuliah ekonomi moneter I. mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah erilaku berkarya (MPB) yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan untuk berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan ketrampilan yang dikuasai. Secara umum mata kuliah ini akan membahas dan menganalisis isu-isu ekonomi moneter, kebijakan ekonomi moneter serta alat bantu analisisnya.

PORTOFOLIO ANALISIS INVESTASI

Mata kuliah ini membahas tentang manajemen portofolio, khususnya hal-hal yang berhubungan dengan investasi aset keuangan. Tema-tema yang dibahas adalah latar belakang investasi, alternatif investasi, mekanisasis keamanan pasar, konsep investasi, metode analisis, penilaian, dan managemen stok umum, analisis keamana analisis, analisis derivatif, teori investasi modern, managemen investasi. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang motif investasi dan cara masyarakat membuat keputusan investasi. Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa dalam memahami konsep penilaian dan analisis investasi teknis baik untuk keamanan personal maupun investasi porofolio.

METODE KUALITATIF

Mata kuliah ini melengkapi metode kuantitatif yang telah diterima karena penelitian ekonomi pembangunan itu tidak hanya mengkaji tetapi mengembangkan sehingga dibutuhkan metode kualitatif. Pokok bahasan meliputi filosofi penelitian kualitatif, jenis, pendekatan, teknik pengumpulan data, keabsahan data dan teknik analisis.

SEMINAR MONETER

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa untuk menguraikan secara komprehenship sistem dan mekanisme ekonomi dari sisi moneter. Lebih lanjut dengan memperbandingkan teori yang sudah dikuasai dapat menyimpulkan berbagai fenomena praktis yang berkembang baik di tingkat ekonomi nasional maupun ekonomi internasional/ global. Dengan kemampuan analisis yang sudah dikuasai mahasiswa akan berada pada posisi untuk mendukung atau menolak kebijakan moneter yang diambil bank sentral dan pemerintah sesuai dengan argumentasi teoritik logis dan atau bukti-bukti empirik.

EKONOMI KEUANGAN INTERNASIONAL

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan umum tentang hubungan perdagangan antar negara dan arus faktor produksi melalui ekonomi dunia. Hal-hal yang dipelajari adalah asumsi dasar perdagangan bebas, analisis ekuilibrium umum, pelarangan perdagangan,  dampak perusahaan multinasional, dampak pengembangan ekonomi dan perdagangan.

MANAJEMEN KEUANGAN

Mata kuliah ini mempelajari mengenai kebijakan keuangan perusahaan yang kaitannya dengan kebijakan pendanaan, kebijakan investasi, dan kebbijkan devidem. Membahasan juga mengenai manajemen resiko.

KONSENTRASI EKONOMI PUBLIK

EKONOMI PUBLIK II

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan mata kuliah ekonomi publik I, yang mencakup penerapan konsep dan pembahasan empiris mengenai fungsi pemerintah dalam perekonomian yang tercermin dalam kebijaksanaan anggaran belanja serta kegagalan bekerjanya mekanisme pasar akibat intervensi pemerintah, teori penyediaan barang publik, pemungutan suara, eksternalitas, analisis manfaat dan biaya serta teori pengeluaran pemerintah. Kegiatan peningkatan pemahaman materi dilakukan dalam bentuk penugasan membaca dan membuat ringkasan literatur dan jurnal serta diskusi kelompok dan tanya jawab.

PERPAJAKAN

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep perpajakan dan aplikasi perpajakan yang dilakukan oleh perusahaan dimana terdapat individu  dan institusi sebagai pembayar pajak.

ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK

Mata kuliah ini mendiskusikan tentang metode analisis sederhana dalam proses kebijakan publik melalui enam tahap proses dasar kebijakan yang mencakup kasus-kasus yang terdapat dalam kebijakan publik di negara berkembang dan maju, termasuk Indonesia.

EKONOMI STRATEJIK SEKTOR PUBLIK

Mampu menganalisis determinan dan property dari kegiatan pengeluaran pemerintah dan pajak, mengkaji efeknya tersebut terhadap perekonomian nasional dan daerah. Materi meliputi provisi barang public, eksternalitas, redistribusi pendaptan, efisiensi dan efek pajak.

METODE KUALITATIF

Mata kuliah ini melengkapi metode kuantitatif yang telah diterima karena penelitian ekonomi pembangunan itu tidak hanya mengkaji tetapi mengembangkan sehingga dibutuhkan metode kualitatif. Pokok bahasan meliputi filosofi penelitian kualitatif, jenis, pendekatan, teknik pengumpulan data, keabsahan data dan teknik analisis.

SEMINAR EKONOMI PUBLIK

Mata kuliah ini mengkaji dan mendiskusikan peran dan fungsi pemerintah dalam perekonomian yang terfokus pada kebijakan publik dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan

KONSENTRASI EKONOMI PEMBANGUNAN DAERAH

EKONOMI KEUANGAN DAERAH

Mata kuliah ini membahas prinsi-prinsip dan penetapan ekonomi dan keuangan publik pada system pemerintahan bertingkat (multilevel government). Topik-topik yang mencakup antara lain: peranan dan fungsi pemerintah daerah; prinsip penyedian barang publik lokal; desentralisasi fiskal; pajak daerah; retribusi; transfer antar pemerintah; penganggaran pemerintah daerah dan good governance.

SOSIOLOGI PEMBANGUNAN

Mata .kuliah ini mencakup konsep-konsep dasar soiologi, konsep social dan penerapan konsep sosiologi terhadap pembangunan. Pengetahuan sosiologi digunakan untuk memberikan data-data sosial yang diperlukan pada tahapan perencanaan, pencaharian, penerapan dan penilaian proses pembangunan. Sosiologi pembangunan membawa dampak pada lahirnya dimensi-dimensi baru dalam konsep pembangunan.

SOSIOLOGI PERKOTAAN DAN PERDESAAN

Menjelaskan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, masyarakat dan kebudayaan, kelembagaan social, group social, organisasi social, stratifikasi social, dan system kekuasaan, proses-proses social dalam masyarakat, perubahan masyarakat dan pembangunan masyarakat perdesaan dan perkotaan.

METODE KUALITATIF

Mata kuliah ini melengkapi metode kuantitatif yang telah diterima karena penelitian ekonomi pembangunan itu tidak hanya mengkaji tetapi mengembangkan sehingga dibutuhkan metode kualitatif. Pokok bahasan meliputi filosofi penelitian kualitatif, jenis, pendekatan, teknik pengumpulan data, keabsahan data dan teknik analisis.

SEMINAR EKONOMI PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Ekonomi Pembangunan, Ekonoi Kependudukan, Ekonomi Perencanaan, Ekonomi Regional, Ekonomi Industri pada semester sebelumnya. Pada mata kuliah ini sebagian topik atau pokok bahasan yang telah diberikan akan dibahas kembali dengan lebih mendalam dan contoh kasus di beberapa negara berkembang.

PERENCANAAN PEMBANGUNAN

Mata kuliah ini mempelajari dan menganalisis tentang bagaimana menyusun suatu perencanaan pembangunan dengan memasukkan aspek sektoral dan regional. Pembahasan meliputi jenis, proses, evaluasi, monitoring, koordinasi, dan model perencanaan.

EKONOMI INTERNASIONAL II

Mata kuliah ini membahas subyek perdagangan internasional baik dari perspektif teori maupun praktik. Materi diarahkan pada teori perdagangan internasional, terutama perluasan (economies of scale, imperfect competition, dan technological change), dari teori dasar yang dibahas di Ekonomi Internasional I. Di samping itu dibahas dasar kebijakan perdagangan dan hubungan antara teori perdagangan faktor produksi, teori pertumbuhan dan foreign direct investment. Sebagian besar materi akan disajikan melalui pendekatan matematis dan grafis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>